Quote of the Day

more Quotes

Sunday, January 19, 2014

Surplus Konsumen

Surplus konsumen adalah perbedaan antara jumlah maksimum yang bersedia dibayar konsumen untuk sebuah barang dengan jumlah sebenarnya yang dibayar konsumen.

Misalnya, seorang mahasiswa bersedia membayar $13 untuk karcis konser rock, walaupun dia seharusnya hanya membayar $12. Sisa $1 adalah surplus konsumennya. Bila kita menjumlahkan surplus konsumen dari semua konsumen yang membeli suatu barang, kita akan memperoleh ukuran surplus konsumen agregat.


Mengaplikasikan Surplus Konsumen

Surplus konsumen merupakan aplikasi penting dalam ilmu ekonomi. Apabila dijumlahkan dari antara banyak individu, surplus konsumen mengukur agregat manfaat yang diperoleh konsumen dengan membeli barang di pasar. Apabila kita mengkombinasikan surplus konsumen dengan agregat laba yang diperoleh produsen, kita dapat mengevaluasi baik biaya maupun keuntungan tidak hanya untuk struktur pasar alternatif, tetapi juga untuk kebjakan public yang mengubah perilaku konsumen dan perusahaan dalam pasar tersebut.


Surplus Konsumen Secara Umum

Untuk pasar secara keseluruhan, surplus konsumen dapat diukur dengan area di bawah kurva permintaan dan diatas garis yang menunjukkan harga pembelian barang. Surplus konsumen dengan mudah dapat dihitung jika kita mengetahui kurva permintaannya. Gambar kurva permintaan yang terlihat seperti tangga bukannya garis lurus menunjukkan kita bagaimana mengukur nilai yang diperoleh konsumen dengan membeli karcis dalam jumlah berbeda. Tetapi karena dalam pasar biasanya jumlah yang diukur adalah ribuan jadi kurva permintaan pasar bentuknya jadi garis lurus.

Besarnya surplus konsumen dapat diketahui dengan mencari luas segitiga yang terbentuk.

Grafik Pembelian Karcis Konser

Referensi:
Pracoyo, Tri Kunawangsih & Antyo Pracoyo, 2006. Aspek Dasar Ekonomi Mikro. Jakarta: Penerbit PT Grasindo

1 comments:

Kukuh Galang said...

terimakasih, sangat baik sekali penjelasannya. berarti jumlah permintaan pada saat harga keseimbangan tidak terjadi surplus ya?

Post a Comment